Potensi Desa Cikandang

  • Jan 09, 2023

Miftah, Cikandang News - Potensi desa merupakan segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang terdapat serta tersimpan di desa. Dimana semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa. Potensi desa sendiri terbagi menjadi 2 yakni potensi fisik dan potensi nonfisik. Sumber daya yang termasuk potensi fisik yakni:

  1. Lapangan Sepak Bola dan Volley, merupakan faktor yang penting bagi penghidupan dari warga desa Cikandang dikarenakan dengan adanya lapangan Sepak bola berguna untuk : mengembangkan potensi SDM di wilayah desa khususnya olah raga sepak bola; Adanya  warung BUMDES dan UMKM di pinggir lapang akan menjadikan sektor perekonomian didaerah tersebut akan berkembang; Nanti PAD Desa akan bertambah seiring dengan terjaganya penataan yang baik.
  2. Gedung "ARCAS", untuk acara pertemuan desa baik yang resmi maupun non resmi; Gedung tersebut juga difasilitasi lapangan Bulu Tangkis yang dibuka untuk umum guna mengembangkan potensi SDM masyarkat Desa Cikandang maupun diluar Desa Cikandang.
  3. Embung Balong Cikandang, ini yang menjadi daya tarik masyarakat Desa Cikandang maupun dari luar Desa Cikandang, pemandangan yang begitu indah dapat memanjakan mata, juga untuk pemancingan dibuka untuk umum secara gratis. Selain itu juga, Embung Balong Cikandang juga berfungsi sebagai penyerapan air untuk mengantisipasi kekeringan dimusim kemarau.

VIDEO KEINDAHAN DESA CIKANDANG

Sumber daya yang termasuk potensi nonfisik yakni:

  1. Posyandu, dengan adanya Posyandu, baik itu posyandu balita, lansia maupun remaja, masyarakat desa yang hidup secara bergotong royong menjadi kekuatan produksi serta pembangunan desa, khususnya dalam bidang kesehatan.
  2. Kampung Siaga, dengan adanya kampung siaga masyarakat desa yang hidup secara bergotong royong menjadi kekuatan produksi serta pembangunan desa, khususnya dalam penataan lingkungan menjadi lebih aman dan nyaman.
  3. Aparatur desa atau pamong desa yang bekerja secara maksimal menjadi sumber ketertiban serta kelancaran pemerintahan desa.