Pembuatan Tempe

  • Oct 23, 2017
  • cikandang
  • PRODUK DESA

Siapa yang tak kenal dengan bahan makanan  Tempe. makanan pengganti daging tersebut sudah sangat erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Bukan hanya kelas bawah,  tempe juga sering menjadi pilihan menu bagi masyarakat ekonomi kelas mapan. Bagi masyarakat Indonesia, kurang lengkap rasanya, jika dalam sebulan tidak mencicipi menu lauk yang berbahan kacang kedelai tersebut. Seperti halnya masyarakat Desa Cikandang selain berprofesi sebagai pengrajin batu bata ,PNS ,pedagang,dan lain lain ada sekelompok orang yang berprofesi sebagai pembuat Tempe,yang tergabung dalam wadah Koperasi Tahu Tempe,namun tidak semua pembuat Tempe ini tergabung dalam wadah itu, karena ada yang masih dalam tahap coba -coba dan ada yang sudah menjadi profesi.Pembuatan Tempe di Desa Cikandang ini tersebar di beberapa RW di RW 01 ,RW o4 ,RW05,juga RW 06 Adapun proses pembuatannya adalah sebagai berikut :

 Proses Pembuatan Tempe

Alat-alat : wadah (baskom), saringan, dandang, kipas angin, sendok kayu, tampah, kompor, dan beberapa alat tambahan lainnya.

Cara membuat tempe : memilih kedelai yang bagus; mencuci lalu merendam kedelai dengan air biasa sekitar 12 – 18 jam; mengupas kulit kedelai yang sudah lunak; merebus biji kedelai hingga empuk; mendinginkan biji kedelai yang telah direbus dengan kipas angin; mencampur dengan ragi tempe Rhizopus sp (1-2 gr ragi untuk 2 kg kedelai); memasukkan adonan kedelai ke dalam plastik cetakan (diberi lubang kecil untuk sirkulasi jamur); menyimpannya selama 1-2 hari hingga jamur telah tumbuh di semua bijih kedelai; tempe siap dipasarkan.

https://www.youtube.com/watch?v=9fd60j-maO0