Musim Hujan Telah Tiba, Cegah Penyakit Demah Berdarah

  • Jan 10, 2023
  • Miftah
  • BERITA, KESEHATAN

Miftah, Cikandang News - Musim hujan telah tiba. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar Anda tak terserang penyakit, termasuk penyakit yang disebarkan oleh nyamuk.
Air hujan yang menggenang bisa berbahaya karena akan menjadi sarang nyamuk berkembang biak. Ada banyak jenis nyamuk yang harus diwaspadai oleh masyarakat di musim hujan, terutama nyamuk malaria dan nyamuk demam berdarah. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan upaya pemberantasan nyamuk seperti malaria dan demam berdarah di musim hujan ini penting dilakukan.
"Bisa dengan melakukan 3M, menutup, mengubur dan mendaur ulang," ujar Bpk. Junaedi (Kepala Desa Cikandang)

Meski demikian, kegiatan ini menurut beliau mestinya tak dilakukan saat musim hujan, melainkan sebelum musim hujan datang. Berbagai barang seperti kaleng bekas, plastik atau apapun yang bisa menyebabkan genangan harus dimusnahkan.
"Lubang-lubang ditutup, karena nyamuk memang suka di tempat-tempat begitu ya untuk bertelur," kata beliau.
Berikut hal-hal yang juga bisa dilakukan untuk menghentikan nyamuk berkembang biak di sekitar rumah saat musim hujan.

1. Hindari genangan air
Jangan menyimpan air di bak atau tempat lain di rumah. Kosongkan bak atau tempat penampungan air yang tidak tertutup agar nyamuk tidak bertelur di genangan tersebut.
2. Gunakan semprotan serangga
Dilansir dari India Today, menggunakan semprotan nyamuk cukup efektif di musim hujan. Ini adalah salah satu cara tercepat menghentikan penyebaran nyamuk di rumah.
3. Perangkap nyamuk
Nyamuk bisa dibunuh dengan perangkap serangga listrik. Perangkap nyamuk menarik, mengendalikan, dan membunuh serangga terbang secara instan. Tegangan listrik yang ada di dalamnya bisa membunuh nyamuk yang masuk perangkap
4. Rutin bersihkan talang air
Membersihkan talang air memang penting dilakukan, terutama saat musim hujan. Jangan sampai ranting dan puing-puing jatuh ke talang hingga menyebabkan genangan. Melakukan pembersihan rutin sangat dianjurkan untuk menjaga talang air hujan tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk saat musim hujan.
5. Tutup tempat sampah luar ruangan
Jangan biarkan tempat sampah di halaman atau belakang rumah terbuka. Jika ini terbuka bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.