Tradisi makan dan doa bersama "Saresehan" pas dimalam pergantian tahun.

  • Jan 12, 2023
  • WASHADI
  • BERITA, LINGKUNGAN, TOKOH MASYARAKAT

Washadi, Cikandang News - Sebuah tradisi unik di gelar oleh warga Desa Cikandang, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes. Untuk menunggu malam bergantinya tahun baru. (31/12/22).

Tradisi itu adalah "Saresehan" warga menyebutnya, Kegiatan ini di lakukan pas malam pergantian tahun.

Saresehan artinya makan dan doa bersama untuk kesejahteraan semua warga desa khusunya Desa Cikandang, kegiatan ini diadakan sudah menjadi turun temurun.

Tujuannya acara tersebut adalah untuk mempererat hubungan silaturahim antar warga sekaligus doa bersama.

Makanan yang dihidangkan yaitu makanan tradisional (Bogana) ada sebagian warga yang menyebutnya sego ngeres yang artinya Nasi campur, mungkin karna menu lauknya dimasak skalian sama nasi.

Makan bersama ini diadakan di setiap RW, setidaknya ada ratusan warga yang mengikuti acara tradisi itu, mulai dari orangtua sampai anak-anak, RT dan RW termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, kekompakan warga terlihat dari acara tersebut.

Kepala Desa Cikandang, Bapak Junaedi mengatakan tradisi makan bersama ini sudah diadakan sejak tahun 1978.

Makan bersama ini sebenarnya memang sudah dilakukan sejak zaman-zaman sebelumnya di Desa Cikandang, sudah turun temurun karna didasari dengan adanya adat istiadat dan kebiasaan masyarakat dalam menyambut tahun baru, disamping itu, kami disini juga mengadakan acara Doa bersama, "pungkas Pak Junaedi.